Selasa, 23 Mei 2017

Materi 20

TCP/IP (Transmission control protocol/internet protocol)

            TCP menerina data dengan panjang & membaginya kedalam bagian-bagian berukuran 64k. IP mengambil bagian-bagian, memeriksa ketetapan tiap bagian, mengalamatkan ketujuan & memastikan bahwa bagian-bagian tersebut sudah terkirim dengan urutan yang benar. Pada saat menyampaikan pesan untuk IP, TCP dapat menangani berbagsi jenis pesan yang berbeda dengan cara yang berbeda-beda.
1.      Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Memproses pesan text yang hanya berisi rangkaian karakter ASCII sera alamat sasaran.
2.      File Transfer Protocol (FTP)
Adalah himpunan kaidah pemroses data yang lebih banyak yang digunakan untuk memproses data yang lebih kompleks. Data yang memerlukan karakter non ASCII, atau berisi karakter biner yang dapat dibaca oleh mesin.
3.      Telnet
Adalah himpunan kaidah yang memungkinkan user(local terminal) mengakses computer lain pada jaringan(remot terminal)
TCP/IP digunakan oleh hamper semua system berbasis UNIX, Banyan VINES, Microsoft LAN Manager, Novell Netware dan Microsoft Windows.
Net Bios
            Singkatan dari Network Basic Input/Output System. IBM Corporation mengembangkan dalam upaya menyediakan sarana standard dalam menggunakan system operasi yang mendasari computer guna mengakses layanan jaringan.
            Net Bios adalah standard umum untuk jaringan peer-to-peer, misalnya LANtastic, & Invisible NET/30. Umaumnya tidak digunakan system jaringan yang sangat besar atau sangat kompleks.
XNS(Xerox Network System)
            Corporation mengembangkan untuk Local Area Network yang lebih kecil sebagai perangkat protocol yang disediakan oleh protocol lain yang umumnya tidak diperlukan pada system local kecil.
            Protocol dasar dalam XNS adalah Internrt Datagram Protocol(IDP), yang menangani pemeriksaan data& tanggung jawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP.
Apple Talk
            Adalah perangkat protocol untuk Macinthos. Perangkat ini cukup rumit, dan melibatkan banyak protocol terpadu yang mengelola berbagai aspek rinci system komunikasi data Mac.
Ether Talk & Token Talk
            Ether Talk adalah Appel talk diatas landasan Ethernet pada lapis fisik&data lik. Token Talk adalah Appel Talk da atas landasan Token Ring pada lapis fisik&data link. Varian ini memerlukan adapter crad khusus yang dapat dijumpai pada mesin Macinthos yang lebih berdaya guna ( Mac Quadra).
Protocol Netware
            Protokal ini digunakan terhadab standard seperti diatas keciali Apple Talak, Netware telah memperkenalkan beberapa protocol tambahan khusus untuk Netware.
Protocol Netware digunakan untuk jaringan Netware, untuk melengkapi protocol standard, &dirancang agar Netware dapat bersaing melawan sistm lainnya yang membatasi implementasinya hanya pada protocol standard.
Internet Packet Exchane (IPX)
Mengenai pemeriksaan data & tanggungjawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP. Menagani pesan antar jaringan.
NetWare Core Protocol (NCP)
Mengelola aliran data antara client dan server Netware untuk mendapatkan tingkat efisiensi maksimum.
Sequenced Packet Exchange(SPX)
Menggunakan fungsi NOS Netware untuk memeriksa kekuatan data.
Server Advertising Protocol(SAP)
Memantau proses logging (pencatatan) pada & diluar jaringan, sreta mengelola transfer pesan antar simpul pada antar jaringan keseluruhan.
Protokol Windows NT mendukung 4 protocol. TCP/IP sudah dibahas, dan 3 protokol lainya adalah :
1.      Microsoft NWlink
Versi dari protocol IPX/SPX Novell, yang disertakan demi tercapainya kompatibilitas antara Windows NT dengan NetWare.
2.      NetBUI
Perluasan dari NetBIOS. Protocol ini menggunakan NetBIOS sebagai antarmuka ke jaringan,tetapi dengan menambahkan  fungsi yang memungkinkannya bekerja dengan beragam perangkat keras dan perangkat lunak.
3.      Data Link Control
Procol yang terbatas, yang dirancang untuk hubungan ke computer IBM Manframe untuk piranti perangkat keras yang terhubung langsung ke kabel jaringan & bukan ke workstation atau server.



Aplikasi Internet & Jaringan
1.      Resource Sharing
a.       Sharing File (Data, Program) : suatu data yang kita punya bias dibaca atau diakses oleh user lain yang telah
FILEZILLA & CUTEFT
1.      Pengertian Filezilla &cuteFTP
FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Software FileZilla dibuat dan dikembangkan oleh Tim Kosse. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk menampilkan file dan folder di komputer server. Program FileZilla banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna jaringan komputer dan internet. FileZilla merupakan software gratis. FileZilla dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Linux dsn Mac OS.
CuteFTP merupakan salah satu aplikasi file transfer (FTP) populer yang bisa disandingkan dengan pesaingnya seperti Filezilla. CuteFTP Home adalah sebuah File Transfer Protocol (FTP) client yang digunakan untuk mentransfer file antara computer dan server FTP anda. CuteFTP Home dapat digunakan untuk memindahkan file dari setiap ukuran dan tipe, meliputi web page, multi-media file, atau dokumen lain ke dan dari sebuah file transfer pada FTP, standard untuk memindahkan file pada internet.
2.      Kegunaan Filezilla & cuteFTP
Kegunaan Filezilla :
a.       Mengupload ke web dan sebaliknya mengambil dari web
b.      Mengupload file, image ke server
c.       Mengubah patch game, program / demo game
d.      Mengubah file berukuran besar
Fitur utama dari Filezilla adalah:
a.       Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya.
b.      Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
c.       File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP.
  1. Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.



Kegunaannya cuteFTP meliputi:
a.       Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada sebuah web browser.
b.      Mengupload file pekerjaan kedalam sebuah server FTP
c.       Mengupload image anda kedalam sebuah server FTP
d.      Mengupload atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau image
e.      Mengunduh patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP
f.        Mengunduh file berukuran besar lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan web browser anda
g.       Membackup critical file kedalam sebuah FTP server jika system anda bermasalah.



3.      Cara menggunakan Filezilla & cuteFTP
Filezilla :
1.      Download FTP-Client Filezilla terlebih dahulu dan install
2.      Buka FTP client pada applikasi filezilla
3.      Isi kolom username dan password ftp domain hosting anda pada bagian atas bar
4.      Buka file folder yang akan diupload
5.      Pastikan lokasi data/ file web localhost pada sebelah kiri filezilla
6.      Drag file web yang akan diupload lalu kilk kanan pilih upload
7.      Tunggu sampai file terungguh
Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla
1. Silahkan Anda unduh file-nya melalui situs resmi FileZilla di www.filezilla-project.org atau bisa juga langsung melalui link di sini.
2. Setelah proses unduh selesai, silahkan langsung Anda install.
3. Kemudian, silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar.
Keterangan :
A
Host : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada “Detail Hosting Anda”
BUsername : Isi dengan username cPanel kalian
C
Password : Isi dengan password cPanel kalian.
D
Port : Silakan bagian ini dikosongkan untuk menggunakan port secara default atau Anda isis dengan port 21
3. Sekarang, kita akan melakukan persiapan Upload file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Harus semua file web agar tidak ada kesalahan, maka dari itu pastikan lebih dulu semua file telah siap.
Sekarang, kita buka file folder yang akan kita upload.
4. Sekarang, pastikan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.
5. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan destinasi upload kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.
cuteFTP :
1.      Buka cuteftp, pilih menu file
2.      Masukkan / isi label, host address, usrename dam password
3.      Klik menu edit pastikan pilihan use passitive mode tlh dichack
4.      Klik ok -> connect
5.      Isi username dan password
“Jika proses tidak berhasil, lakukan langkah tambahan
1.      Upload data ke folder publick_html
2.      Untuk merubah permission file / chmod, memindahkan file ke suatu folder
3.      Menghapus file, tinggal klik kanan pada file yang bersangkutan & pilih opsi yang sesuai.”

VoIP(Voice over Internet Protocol)
VoIP adalah cara berkomunikasi suara (voice) melalui jaringan Internet, sehingga komunikasi jarak jauh SLJJ maupun SLI dapat dilakukan dengan biaya lokal.
Keuntungan VoIP
a.        Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
b.      Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah.  Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
c.        Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth  untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil.  Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
d.      Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang  sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bias disambungkan dengan PABX yang ada dikantor .  Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
e.       Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC  sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan VoIP
a.       Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.
b.       Ada jeda dalam berkomunikasi.
c.       Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal.
d.       Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak,  maka ada potensi jaringan data  yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
e.        Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
Metode VoIP
1.      ATA (Analog Telephone Adaptor)
ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog  menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog  dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet.
2.      IP Phones
IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP.
3.      Computer-to-Computer
Cara Mudah dan Sederhana menghubungkan komputer dengan komputer . Yang harus anda sediakan hanya program (software), mikrofon,  speaker, soundcard  dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang  relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to Computer, seberapa jauh pun  jaraknya.
Softswitch
·         Entitas (sesuatu yang digambarkan oleh data) berbasis software yang menyediakan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP .
·         Dikenalkan oleh ISC (International  Softswitch Consortium)/  IPCC (International Packet Communications Consortium)/  MSC (Multiservice Swiching Forum).

PBX dan SIP Bedasarkan Softswtich
Pengertian PBX
PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
Proses kerja PBX server softswitch
 
          Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

PBX (Private Branch eXchange)

IP PBX dan PBX
            PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
 Line cards merupakan terminasi /interface antar saluran extension dengan sentral PBX
Berfungsi melakukan borscht(battery Over loaded, Ringing, signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk cards sebagai interface/ terminasi antar saluran/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melakukan konverer sinyal saluran dengan sinyal  internal sentral PBX
Switch cards melakukan fungsi penyambungan  (switching) antar port extension (line cards) dengan
Port extension line cards lain dalam panggilan internal dan antar port extension line cards dengan port Trunk cards dalam panggilan external (incoming/ outgoing call)
Signaling  penerima/ pengiriman sinyal dengan extension (DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan senrtal public (DTMF/MCF decadi pulses)
Prosessor cards sebagai pusar control yang mengendalikan seluruh aktifitas sentral.



Sumber : http://cakratman-suroboyo.blogspot.co.id/2015/10/materi-komunikasi-data-kelas-xi.html

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

i

Copyright © 2012. Dunia IPTEK - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog imam ns