KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Teknik Komunikasi :
Bagaimana menyampaikan informasi ke tempat tujuan dengan cepat dan tepat.
Cara untuk melakukan komunikasi anatara lain :
·
Lama
: Suara, gerak-gerik/lambang dalam bentuk
gambar.
·
Modern
: Sinyal listrik, elektro optik.
Proses komunikasi umumnya sinyal
informasi tidak langsung disalurkan ke penerima, tapi mengalami perubahan,
seperti gambar berikut ini :
Bentuk komunikasi :
·
Komunkasi suara.
·
Komunikasi gerak.
·
Komunikasi data.
Berdasarkan cara penyampaian
informasi, bentuk komunikasi dapat kita bedakan,antara lain :
1.
Komunikasi dari
titik ke titik/point to point communications, dikenal juga dengan sistem telekomunikasi.
2.
Komunikasi
dengan cara Broadcassting, adalah dari satu
titik ke banyak titik.
Hal-hal penting pada sistem komunikasi :
1.
Berita/informasi
haruslah dapat dimengerti oleh penerima.
2.
Karakteristik
sistem komunikasi.
3.
Derau/gangguan.
Teknik penyambungan :
·
Circuit
switching.
·
Message
switching.
Pengolahan data :
Adalah pengolahan data dengan menggunakan mesin/komputer..
Komunikasi data :
Merupakan komunikasi dari mesin ke mesin/komputer ke komputer, dengan menggunakan
proses pengiriman data menggunakan saluran telekomunikasi.
Jadi, pengertian dari Komunikasi data adalah
proses pengiriman informasi(data) yang telah diolah dalam bentuk kode
tertentu yang disepakati melalui media listrik / elektronik dari titik ke titik
yang lainnya.
Komponen dasar komunikasi data :
DTE : Data Terminal Equipment.
DCE : Data Communication
Equipment.
Komuikasi data dapat melakukan
sesuatu dalam waktu bersamaan, antara lain :
1. Pengumpulan dan persiapan data.
2. Pengolahan data.
3. Distribusi data.
Tujuan komunikasi data :
1.
Pengiriman data dalam jumlah besar dan efisien.
2.
Penggunaan sistem komputer dan alat pendukung secara
bersamaan.
3.
Menggunakan sistem komputer secara terpusat/tersebar.
4.
Mempermudah pengolahan dan pengaturan data.
5.
Mendapatkan data secara langsung dari sumbernya.
6.
Mempercepat penyebaran informasi.
Operasi komunikasi data :
- Pengumpulan data/data collection.
- Pertukaran informasi/information exchange.
- Menyimpan dan mengambil data/data storage and access.
- Time sharing.
- Program to program communications.
- Remote computing.
Organisasi Standar Teknologi Komunikasi dan Data Internasional
Berikut ini berbagai Badan atau Organisasi yang menangani standarisasi Teknologi Komunikasi Data International.
Badan Standard Eropa
- ETSI: European Telecommunications Standards Institute > Suatu badan independent yang menetapkan standard untuk komunitas Eropa, Contoh : standard GSM
- CEN/CENELEC: European Committee for Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization > Badan standardisasi teknologi informasi
- CEPT: Conférence Européenne des Administrations des Postes et des Telecommunications > Sebelum ada ETSI, melakukan pekerjaan yang dilakukan ETSI
Badan Standard Amerika
- IEEE : Institute of Electrical and Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh standard : LAN
- EIA: Electronic Industries Association > Organisasi pabrik perangkat elektronika Amerika, Contoh standar: RS232
- FCC: Federal Communications Commission > Badan regulasi pemerintah Amerika
- TIA: Telecommunications Industry Association > Bertugas mengadaptasi standard dunia ke dalam lingkungan Amerika
Organisasi Global
1. ITU : International Telecommunication Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi
Dibagi ke dalam dua badan standard:
> ITU-T (huruf T berasal dari kata telekomunikasi)
Berasal dari CCITT (Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique, atau International Telegraph and Telephone Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi untuk jaringan telekomunikasi publik
> ITU-R (huruf R berasal dari kata radio)
Berasal dari CCIR (Comité Consultatif International des Radiocommunications atau International Radio Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi yang berhubungan dengan aspek-aspek radio seperti penggunaan frekunsi di seleuruh dunia
2. ISO/IEC : The International Standards Organization/International Electrotechnical Commission
Organisasi standard bidang teknologi informasi
> ISO berperan dalam standard dan protokol komunikasi data
> IEC berperan di dalam standard yang meliputi aspek electromechanical (seperti konektor), lingkungan dan keselamatan
3. IETF: Internet Engineering Task Force > Bertanggung jawab terhadap arsitektur Internet dan Mengatu standardisasi protokol TCP/IP untuk Internet
Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk berkomunikasi melalui jaringan telekomunikasi:
1. Transmisi
1. ITU : International Telecommunication Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi
Dibagi ke dalam dua badan standard:
> ITU-T (huruf T berasal dari kata telekomunikasi)
Berasal dari CCITT (Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique, atau International Telegraph and Telephone Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi untuk jaringan telekomunikasi publik
> ITU-R (huruf R berasal dari kata radio)
Berasal dari CCIR (Comité Consultatif International des Radiocommunications atau International Radio Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi yang berhubungan dengan aspek-aspek radio seperti penggunaan frekunsi di seleuruh dunia
2. ISO/IEC : The International Standards Organization/International Electrotechnical Commission
Organisasi standard bidang teknologi informasi
> ISO berperan dalam standard dan protokol komunikasi data
> IEC berperan di dalam standard yang meliputi aspek electromechanical (seperti konektor), lingkungan dan keselamatan
3. IETF: Internet Engineering Task Force > Bertanggung jawab terhadap arsitektur Internet dan Mengatu standardisasi protokol TCP/IP untuk Internet
Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk berkomunikasi melalui jaringan telekomunikasi:
1. Transmisi
- Transmisi adalah proses membawa informasi antar end points di dalam sistem atau jaringan
- Sistem transmisi yang sekarang menggunakan empat buah medium transmisi berikut : Kabel tembaga, Kabel serat optik, atau Gelombang radio
- Cahaya pada ruang bebas (misalnya infra merah)
- Dalam suatu jaringan telekomunikasi, sistem transmisi digunakan untuk saling menghubungkan sentral (router)
- Keseluruhan sistem transmisi ini disebut jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network)
2. Switching
- Suatu teknologi yang digunakan pada switch untuk menghubungkan (men-switch) panggilan (pada jaringan telepon) atau
- Mengarahkan/memforward paket dari suatu link ke link yang lain
3. Signaling
- Signaling adalah mekanisme yang memungkinkan entitas yang berada di dalam jaringan (misalnya perangkat di pelanggan, switch dsb.)
- Untuk membentuk, mempertahankan, dan memutuskan suatu sesi di dalam jaringan
- Proses signaling dilaksanakan menggunakan suatu sinyal atau pesan tertentu
- Contoh: ketika kita mengangkat handset telepon untuk melakukan panggilan akan terdengar nada panggil (dial tone)
- Dial tone mengindikasikan bahwa sentral telepon siap menerima informasi nomor yang dituju
Komunikasi data adalah pengirim dan penerima data dari 2 device atau lebih
device yang terhubung dalam satu jaringan.
Transmiter adalah data yang dibangkitkan dari system
Transmission System adalah berupa jalur transmisi tunggal
Receiver adalah menerima sinyal dari system transmisi
Destination adalah menangkap data yang dihasilkan receiver
Fungsi komdat yaitu :
1.
Memberikan informasi kepada orang
yang tepat dengan tepat waktu
2.
Memberikan informasi data tertentu
(Up To Date)
3.
Memungkinkan orang yang berada pada
lokasi geografis berbeda dapat saling berkomunikasi
Perangkat Komunikasi yaitu :
1.
DCE (Data Communication Equipment)
untuk menyalurkan informasi antar lokasi
2.
DTE (Data Terminal Equipment)
mengatur masuk-keluarnya informasi (pemakai-komputer)
3.
DCCU (Data Communication Control
Unit) pengatur hubungan peralatan
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh
sinyal dalam medium transmisi.
Bandwidth pada hosting adalah bandwidth yang ditentukan seberapa banyak kita
mengupload atau mendownload.
Bandwidth dalam jaringan adalah transfer rate atau jumlah data yang dapat dibawa dari
sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam
detik).
Rumusan : Bandwidth = ∑
bits/secon (1 byte = 8 bit)
Troughput adalah menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (actual)
pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang
digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Protocol adalah himpunan kaidah yang mengatur proses komunikasi data.
Model OSI layer mengatur layanan
komunikasi dibagi 7 kelompok yaitu :
a.
Physical Layer :
Menjelaskan spesifikasi listrik, mekanis dan fungsional guna menangani data
jaringan.
b.
Data Link Layer : Menjelaskan
proses untuk mendeteksi dan memperbaiki eror data tingkat rendah selama
transfer data antar lapis fisik dan lapis diatas lapis fisik.
c.
Network Layer : Menjelaskan
proses routing (pengedaran) data diantara alamat jaringan dan memeriksa apakah
pesan suadah dikirim dengan lengkap dan akurat.
d.
Transport Layer : Mencangkup fungsi
penetapan hubungan yang sesuai, memulai transmisi data dan membebaskan hubungan
setelah transmisi selesai.
e.
Session
Layer : Mencangkup proses untuk mengontrol transfer
data, menangani eror transmisi dan pengakuan, serta mengelola record transmisi
yang dikirim.
f.
Presentation
Layer : Mengontrol kaidah
untuk memformat transmisi data.
g.
Applications
Layer : Menjelaskan
spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan
jaringan.
TCP/IP (Transmisison Control
Protokol/Internet Protokol) adalah
protocol yang menerapkan konsep conection oriented yang berarti bahwa 2 buah
computer yang akan melakukan pertukaran data harus terhubung secara langsung
dalam suatu jaringan.
Letak OSI adalah Implementasinya di serahkan kepada developer yang di
kerjakan protocol-protokol sesuai OSI.
Komunikasi Suara yaitu :
a)
Komunikasi Radio Siaran
b)
Komunikasi Radio Amatir
c)
Panggil
d)
Telephone
Bentuk Ragam Komunikasi yaitu :
a)
Komunikasi Suara (Audio)
b)
Komunikasi Gambar (Video – Audio
Video)
c)
Komunikasi Data
Komunikasi Data yaitu :
a)
Publik
b)
Private
FileZilla adalah merupakan software yang digunakan sebagai alat untuk
mengugah suatu file dari computer local kita ke sebuah hosting/server yang
nantinya file tersebut bisa diakses oleh orang lain seluruh dunia.
CuteFTP adalah sebuah File Transfer Protokol (FTP) client yang
digunakan untuk mentransfer file amtara computer dan server.
JENIS
KOMUNIKASI & TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi data adalah proses
pengiriman dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung dalam
satu jaringan.
Jenis komunikasi ada 4, yaitu :
1. Audio
2. Video
3. Komunikasi radio
4. Data
Bentuk komunikasi data ada 3,
yaitu :
1. Suara (Audio)
2. Video ( Video, Audio – Video)
3. Data
Komunikasi ada 2, yaitu :
1. Komunikasi public
2. Komunikasi private
Bentuk komunikasi dibagi menjadi 3 :
1. komunikasi radio siaran atau amatir
bersifat umum , radio amatir bersifat hanya 2 arah. contoh : HT
2. radio panggil berjarak lebih pendek. Contoh : pager
3. telepon bersifat bias menerima atau berbicara
secara bersama – sama. Contoh : telepon seluler
3 ragam komunikasi dan gambarkan
ragam komunikasi :
a.
komunikasi audio, b. Komunikasi video dan c. Komunikasi data
Source adalah tempat dimana data
yang mau dikirim bias berupa gambar atau text. Data tersebut berupa sinyal
digital dan dirubah menjadi bentuk analog oleh transmitter. Oleh transmitter
diterima oleh system transmisi atau ISP dalam bentuk sinyal analog. Setelah
dari situ diterima oleh reciver dan di terjemahkan ke dalam bentuk sinyal
digital menuju ke tujuan dan dirubah kebentuk semula berupa gambar atau text.
Fungsi elemen yang ada pada digram
komunikasi data sederhana :
1. Source berfungsi sebagai sumber
2. Transmitter berfungsi memindahkandan menerima
informasi dari data digital ke data analog
3. System transmisi berfungsi menghubungkan antara source
dengan destination
4. Reciver berfungsi menerima sinyal dari system
transmisi dan menghubungkan ke tujuan
5. Destination berfungsi tujuan data yang dikirim
Perangkat komunikasi :
1. DCE ( data communication equipment)
Untuk
menyalurkan informasi antar lokasi.
2. DTE ( data terminal equipment )
Mengatur
masuk dan keluarnya informasi (pemakai computer)
3. DCCU ( data communication control unit) = In/Out put
control dan pengendali terminal adalah lokasi dalam jaringan tempat informasi
keluar masuk.
Tugas DCCU :
·
Membentuk
antar muka / interface antara system I/O bus dalam modem
·
Mengendalikan
sinyal antarmuka modem dan konvernsi level modem
·
Mengubah
data yang akan dikirimkan menjadi serial dan sebaliknya
·
Mengatur
eror recovery dengan mekanisme retry
·
Melakukan
konverensi sendii
·
Melakukan
singkronisasi karakter baik dengan cara start/stop maupun dengan karakter SYN
(singkronisasi)
·
Melakukan
bit singkronisasi untuk controller asinkron
·
Melakukan
pengajuan kesalahan ( parity, longitudinal / BCC )
·
Mengendalikan
prosedur dengan melacak karakter transmition control.
Perangkat jaringan computer dan
telepon :
1. PC
2. NIC
3. Kabel ( kobel coaxial, tembaga dan serat optic)
4. Server
5. HUB dan switch
6. Repeater
7. Bridge
8. Router
9. Modem
10. AP
Teknoligi komunikasi data dan suara
:
1. Contoh teknologi komunikasi data:
Pengiriman file dari komputer
ke komputer lain
Dari server ke client
browsing
2. Contoh teknologi komunikasi suara:
telepon
HT
Pager
Bandwidth & Thoughtput
Bandwidth
adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam
medium transmisi. Dalam bahasa mudahnya adalah sebuah takaran lalu lintas data
yang masuk dan yang keluar .
Bandwidth
pada Hosting
Bandwidth
yang ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak
anda melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang
mengakses, maka makin berkurang jatah Bandwidth yang diberikan.
Bandwidth
dlm Jaringan Komputer
Transfer
rate/jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka
waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Bedakan bandwidth “Up To” yang
berarti Bandwidth pada kecepatan Maksimal suatu jaringan yang diberikan.
Cara
menghitung banswidth :
Throughput
Menggambarkan
bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada
kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk nendownload suatu
file dengan ukuran tertentu.
Karakteristik Throughput
a. Tidak menghitung bit per second secara murni,
karena dipengaruhi alamat komputer pengirim dan tujuan.
b. 512kb yang perkirakan bisa dikirim 1 detik
dengan ukuran bandwidth, namun kenyataannya Throughput bisa 4 detik, jadi
512kb/4 detik = 129 kbps (detik=second).
JARINGAN KOMUNIKASI DATA
Didasarkan pada arsitektur dan penggunaan
teknik untuk mengirim data, diantaranya :
Switched networks :
- Circuit switched networks.
- Packet switched networks.
Broadcast networks :
- Packet radio networks.
- Satelite networks.
- Local networks
ARSITEKTUR KOMUNIKASI KOMPUTER
NIL : Network Interface Logic
CN : Communication Network
Susunan komunikasi dibagi dalam 3
tingkat :
1. Network Access Layer : Tingkat jaringan masuk.
2. Transport Layer : Tingkat pengangkutan.
3. Application Layer : Tingkat aplikasi.
NIC, dikenal juga dengan
protokol, kunci dari protokol sebagai berikut :
- Syntax : Format data dan tingkat signal.
- Semantic : Kontrol informasi untuk persamaan dan penanganan yang
salah.
- Timing : Meliputi kecepatan dan ketepatan
KOMUNIKASI
DATA
Merupakan suatu proses pemindahan
informasi/data disuatu titik/terminal ke titik/terminal yang lain dengan jarak
yang cukup jauh melelui transmisi line.
Ilmu komunikasi berkembang dari
konsep perpaduan dua disiplin ilmu, yaitu :
1. Data Processing (Pengolahan Data).
2. Tele Processing (Pengolahan Jarak Jauh).
Komponen dasar, dalam proses
hubungan data/informasi adalah :
1. Transmitter/Sumber/Pengirim
Merupakan suatu
bentuk peralatan (hardware) yang digunakan untuk dapat mengirimkan suatu bentuk
data/inform.
Contoh : DTE (Data Terminal Equipment).
DTE merupakan suatu model/workstation yang dapat melakukan proses pengolahan data
dan berfungsi untuk dapat mengirim/menerima data/informasi yang ada.
2. Reciver/Tujuan/Penerima
Merupakan suatu
peralatan (H/W) yang berfungsi untuk dapat menerima hasil dari proses
pengiriman data/informasi tersebut.
Contoh : DTE.
3. Media Transmisi
Merupakan suatu
sarana/fasilitas untuk daat mengirimkan data/informasi secara Electrical
Transmision Line.
Contoh :
§
Kabel
-
Kabel Twisted
Pair (Terpilin)
a.
Kabel UTP (Unshel Twisted Pair)
b.
Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
-
Kabel Coaxial
(Serat)
-
Kabel Serat
Optik
§
Udara : Gelombang microwave.
§
Satelite
Selain itu diperlukan sarana
pendukung lain dalam melakukan suatu model komunikasi, yaitu :
DCE (Data Communication Equipment)
Merupakan suatu bentuk peralatan
yang digunakan untuk menampung data/informasi yang selanjutnya disalurkn
melalui gelombang pembaca (Carrier).
Contoh : MODEM (Modulasi
Demodulation)
Menggunakan suatu model peralatan
(H/W) yang digunakan untuk melakukan fungsi konversi signal digital ke signal
analog, melalui media gelombang pembawa.
Bentuk-bentuk komunikasi :
- Komunikasi Audio (Suara) : Radio, CB, HT.
- Komunikasi Video (Gambar) : TV.
- Komunikasi Barita : Faximile, Teletext, Telegraph.
Model/bentuk perpindahan data :
1. Simplex Transmission (STX)
Merupakan suatu
proses perpindahan data/informasi yang bersifat satu arah (one way).
Contoh : Radio,
HT.
2. Half Duplex Transmission (HDX)
Data bersifat
dua arah, akan tetapi bergantian (Bidirectional)
3. Full Duplex Transmission (FDX)
Bersifat dua
arah tapi secara bersamaan.
Contoh :
Telepon.
Alternaif menggunakan Transmission Line :
a.
Metalic Line : Terbatas.
b.
Leased Line : Digunakan spesifik saluran telepon dengan biaya yang fleksibel
dan
dengan biaya pemakaian.
c.
Dial Line : Fasilitas dengan memakai
saluran telepon dan tergantung pada
lamanya
pemakaian (bentuk ini terdapat banyak ganguan)
seperti,Noise, interferensi/suara double,
echo, deram.
Alternatif yang dipilih/digunakan
tergantung pada bentuk kebutuhan, seperti :
- Kemampuan alat.
- Sering digunakan.
- Keamanan sistem.
- Kecepatan.
Macam-macam Jaringan/Network :
1. Point to Point
2. Multi Point Network
3. Multi Point and Multi Flexer
Macam-macam Terminal :
- Dumb Terminal
Ciri-ciri : - Mempunyai
capability yang paling rendah.
- Hanya dapat
melekukan Asynchronous Terminal.
- Tidak punya memory.
- Smart Terminal
Ciri-ciri
: - Punya memory.
- Dapat dipoll.
- Dapat menyimpan data dalam bentuk blok.
- Dapat memberikan respon bila terdapat Kesalahan/error delection.
- Semua proses dilakukan di host/pusat.
- Intelligent Terminal
Ciri-ciri
: - Mempunyai kemampuan stand alone.
- Sebagian proses dapat dilakukan sendiri
STANDAR MODULASI
Kecepatan
Modulasi
|
Sinkronisasi
|
Modul. hub
|
Kec.sinyal
|
Keterangan
|
|
Bell 103
|
300
bound
|
Tak Sinkron
|
Full Dupleks
|
||
Bell 201
|
Sinkron
|
Full Dupleks
|
2400 BPS
|
Untuk Komputer Mainframe IBM
|
|
Bell 212
|
Tak Sinkron
|
Full Dupleks
|
1200 BPS
|
||
V.22
|
Tak Sinkron
|
Half Dupleks
|
1200 BPS
|
||
V.22 Bis
|
Tak Sinkron
|
Full Dupleks
|
2200BPS
|
||
V.29
|
Sinkron
|
Full Dupleks
|
4800/7200/9600 BPS
|
||
V.32
|
Tak Sinkron / Sinkron
|
Full Dupleks
|
4800-9600 BPS
|
||
Hayes
|
Half Dupleks
|
||||
Expres
|
9600 BPS
|
Kompatibel dengan diri sendiri,
mengikuti standar CCITT V.32
|
|||
USR HST
|
Half Dupleks
|
9600-14000
BPS
|
Kompatibel dengan diri sendiri,
mengikuti standar CCITT V.32
|
CODING (SISTEM PENYANDIAN)
Diperlukan untuk dapat
menyalurkan informasi/data ke dalam bentuk yang khusus.
Sistem sandi yang digunakan
pada komunikasi data, adalah :
- Sandi 4 bit/8 bit
- Sandi yang dikeluarka oleh IBM
- Simbol data = 70 karakter
- Format data = 1 bit awal, 8 bit data, 1 bit akhir
- Sandi 5 bit/sandi baudot
§
Sandi 5 bit
§
Format data = 1 bit awal, 5 bit data
§
Simbol data = 32 karakter
- Sandi 6 bit
§
Simbol data = 64 karakter
§
Format data = 1 bit awal, 6 bit data, 1 bit
pariti, 1 bit akhir
§
Transmisi data = Asynkron/9 bit
- Sandi ASCii
§
Sandi 7 bit
§
Format data = 7 bit data, 1 bit pariti
§
Simbol data = 128 karakter
§
Format transmisi = Asynkron
§
Format data = 1 bit awal, 7 bit data, 1 bit
pariti,/2 bit akhir
- Sandi EBCDIC (Extended Binary Code Decimal Information Code)
§
Sandi 8 bit
§
Format data = 1 bit awal
§
6 bit data, 1 bit pariti, 1 bit akhir
§
Transmisi = Asynkron
Dalam format pertukaran data pada
komunikasi data dibedakan atas :
- Karakter data
- Karakter kontrol
Fungsi karakter kontrol adalah:
- Mengendalikan Transmisi data.
- Menentukan format data.
- Menentukan bentuk fisik terminal.
Karakter kontrol dibedakan atas:
1.
Transmisi Kontrol.
Untuk
mengendalikan data pada transmisi / saluran.
2. Format
Efektor.
Untuk
mengendalikan posisi informasi pada monitor / device.
3. Device
Kontrol.
Untuk
mengendalikan peralatan tambahan pada terminal.
4. Informasi
Separator. Untuk mengelompokan data secara logik.
ASYNCRONOUS TRANSMISI
Pada Asyncronous transmisi, hanya
dibutuhkan beberapa “Karakter kontrol” (syn) yang mendahului suatu blok data,
dan diasumsikan dua buah karakter kontrol syn.
Bila suatu data akan
ditransmisikan, dengan suatu blok data yang terdiri dari : 250 karakter ASCii
(BCC).
Maka :
§
Secara Syncronous
250 karakter * 8
bit/karakter =
2000 bit
2
karakter control syn * 8 bit/karakter =
16 bit +
TOTAL
ditransmisikan =
2016 bit
Ratio
Informasi yang ditransmisikan :
= 2000 bit informasi x 100 %
2016
bit transmisi
=
99, 21 %
§
Secara Asyncronous
250
karakter * 8 bit/karakter =
2000 bit
250
karakter * 2 bit/karakter =
500 bit +
TOTAL
ditransmisikan = 2500 bit
Ratio
Informasi yang ditransmisikan :
= 2000 bit informasi x 100 %
2500
bit transmisi
=
80 %
*(Yang lebih kecil rasionya lebih
bagus, karena tidak memakan banyak tenaga)
Tujuan jaringan komunikasi data :
1.
Resource Sharing, agar semua peralatan, data dan
program dapat digunakan bersama.
2.
Reliability Tinggi, karena memiliki sumber-sumber
alternatif pengganti dan persediaan sumber daya.
3.
Menghemat biaya, dapat digunakan pada komputer mikro
dengan rasio harga/kinerja yang lebih baik.
4.
Skalabilitas, untuk meningkatkan kinerja sistem dapat
dilakukan secara bertahap.
Klasifikasi jaringan komputer
1.
Teknologi Transmisi
§
Transmisi jaringan broadcost
Ø
Saluran transmisi tunggal
Ø
Fasilitas multicasting
§
Transmisi jaringan point-to-point
Ø
Jalur transmisi lebih dari satu route
(alogaritma roting)
2.
Jarak
Jarak antar
Prosesor
|
Lokasi
Prosesor
|
Contoh
|
0.1 m
|
Papan rangkaian
|
Mesin airan data (data flow machine)
|
1 m
|
Sistem
|
Multiprocessor
|
10 m
|
Ruangan
|
Local area network (LAN)
|
100 m
|
Gedung
|
Local area network (LAN)
|
1 km
|
Kampus
|
Local area network (LAN)
|
10 km
|
Kota
|
Metropolitan area network (MAN)
|
100 km
|
Negara
|
Wide area network (WAN)
|
1000 km
|
benua
|
Wide area network (WAN)
|
Arsitektur jaringan komputer
§
Model referensi SNA
§
Model referensi OSI
§
Model referensi TCP/IP
§
Model referensi ATM
Arsitektur jaringan, secara garis besar menjelaskan tentang :
1.
Hirarki protokol,
jaringan komputer pada umumnyadiorganisasikan sebagai tumpukan layer atau level, setiap layer berfungsi memebrikan layanan terhadap layer
diatasnya. Antara leyer yang berdektan terdapat interface, yang berfungsi untuk menentukan operasi-operasi dan
layanan terhadap layer yang diatasnya.
2.
Desain layer,
menentukan tentang transfer data (komunikasi data)
Ø
Komunikasi simplex
Ø
Komunikasi half-duplex
Ø
Komunikasi full-duplex
3. Interface dan layanan
Layer n disebut juga dengan service provider
Layer n+1 disebut juga dengan service user
SAP : Service access point
IDU : Interface data unit
SDU : Service data unit
PDU : Protokol data unit
ICI : Interface control information
Jenis layanan
1.
Connection-Oriented Service (sistem telepon)
2.
Connectionless Service (memiliki alamat)
STANDARISASI JARINGAN
§
Standar de facto (berdasarkan pada kenyataan)
§
Standar de jure (berdasarkan pada hukum)
Komponen jaringan :
§
Host atau simpul (node)
Ø
Host lokal (FEP / Concentrator)
Ø
Host Remote
§
Link atau saluran
§
Perangkat lunak
Topologi jaringan, adalah titik ke titik, multi drop. Bus,
Star, Tree, Ring (loop) dan Hybrid.
Pengendali jaringan
§
Contention
§
Central Control
Ø
Roll Call
Ø
Hub
Sistem Jaringan
§
Sistem tertutup
§
Sistem terbuka
Model Referensi OSI,
menetapkan sekumpulan aturann dalam jaringan disebut juga dengan Protokol.
Tujuan Model OSI,
adalah membuat kerangka agar sistem atau jaringan yang mengikutinya dapat
saling tukar informasi sehingga tidak bergantung pada merek dan model komputer
ataupun peralatan lainnya.
Cakupan dari OSI
§
Koordinasi berbagai macam kegiatan
§
Penyimpanan data
§
Manajemen dari sumber serta proses
§
Kehandalan dan keamanan dari sitem
§
Pendukung perangkat lunak
OSI, membagi
protokol atas 7 lapisan atau layer, yaitu :
Tiga lapisan pertama,
merupakan antar muka antara terminal dan jaringan yang dipakai bersama.
Empat lapisan
terakhir, menggambarkan hubungan end
to end antara perangkat lunak.
Layer 1 – 4 :
Disebut dengan transfer service
Layer 5 – 7 :
Disebut dengan user layer
7 lapisan dari OSI,
adalah sebagai berikut :
§
Lapisan
ke 7, Aplication (aplikasi)
Menjelaskan tentang aplikasi yang
dipakai pada jaringan.
§
Lapisan
ke 6, Presentation (presentasi)
Berfungsi untuk menentukan
penyelesaian secara umum terhadap masalah-masalah dari hubungan komunikasi.
§
Lapisan
ke 5, Session
Berfungsi untuk pengendalian dialog
dalam jaringan (simplex, half-duplex, full-duplex) dan menentukan giliran yang
berhak untuk menggunakan saluran (manajemen token) dan sinkronisasi.
§
Lapisan
ke 4, Transport
Berfungsi membagi data menjadi
beberapa bagian, meneruskannya ke network dan menjamin data semua bagian data
tersebut sampai ke tujuan dengan baik.
§
Lapisan
ke 3, Network (jaringan)
Berfungsi untuk menentukan route
pengiriman paket data dari sumber ke
tujuan, serta memeriksa apakah data sudah dikirim dengan lengkap.
§
Lapisan
ke 2, Data Link (hubungan data)
Berfungsi untuk transmisi data
dengan membagi dalam sejumlah frame, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan data
selaa transfer data.
Tugas utama dari lapisan ini adalah
:
1.mendeteksi
awal dan akhir setiap blok data
2.memberi
alamat pada blok-blok data
3.mendeteksi
dan memperbaiki kesalahn pengiriman
§
lapisan
ke 1, Physical
berfungsi untuk transmisi bit-bit
dalam saluran komunikasi, menentukan spesifikasi hubungan secara mekanik,
elektrik, standar interface serta media fisik dari transmisi. Memprtahankan dan
memutus hubungan secara fisik. Protokol pada lapisan fisik dikenal dengan
standar/intefac.
Standar yang umum diperunakan dalam
komunikasi data, adalah :
1.RS
-232 oleh EIA
2.Seri
X dan V oleh CCITT (V.24, X.21)
3.IEEE
802 oleh IEEE
Diantara layer yang berlainan terdapat interface sedangkan antar layer yang sama terdapat protokol.
Fungsi Protokol :
§
Membuat hubungan antara pengirim dan penerima
§
Menyalurkan informasi dengan keadaan yang tinggi
Kunci dari protokol sebagai berikut : Syntax, semantics, timing.
Perangkat lunak
komunikasi data :
Perangkat kera hanya merupakan sarana yag menghubungkan
antar peralatan, sedangkan pelaksanaan komunikasi entar peralatan dilakukan
oleh perangkat lunak.
§
IBM 2780 / 3780
§
BLAST (Block Asynchronous Transfer -- (RS-232
C))
§
Crosstalk, Kremit, Xmodem -- (RS-232 C)
§
Terminal Emulator
§
IBM SNA Family (System Network Atcontecture)
§
Xodiac Network Management System – (X.25)
§
DECNET – (X.25 atau IBM SNA)
§
Novell, 3COM, Etherseries
Sumber : http://jak-stik.ac.id/staff/aqwam/?en_6.-komunikasi-data,51
http://cakratman-suroboyo.blogspot.co.id/2015/10/materi-komunikasi-data-kelas-xi.html
0 komentar:
Posting Komentar