Minggu, 12 Juni 2016

Contoh soal tentang Wawasan Nusantara


Nama
Imam Nur Syafaat
Kelas
SKA 15.1
Makul
PPKN




Soal !
11. Apakah pengertian Wawasan Nusantara yang anda ketahui ?
22. Mengapa Geopolitik dikatakan sebagai Ilmu Bumi Politik, jelaskan alasannya ?
33. Sebutkan Teori - teori Geopolitik yang anda ketahui beserta penjelasannya !
44. Bagaimana pemahaman tentang Geopolitik bagi bangsa Indonesia dan untuk Indonesia, jelaskan !
55. Sebutkan isi  dari Wawasan Nusantara ?
66. Landasan Wawasan Nusantara itu ada berapa ? sebutkan dan jelaskan !
77. Sebutkan Unsur - unsur dasar Wawasan Nusantara beserta penjelasannya !
88. Didalam Unsur - unsur dasar Wawasan Nusantara terdapat tata laku bathiniah dan lahiriah, apa maksudnya ?
99. Ada berapa Arah Pandang Wawasan Nusantara ? sebutkan dan jelaskan !
110. Apa Kedudukan Wawasan Nusantara bagi Indonesia ?
111.  Sebutkan Fungsi Wawasan Nusantara secara umum !
112.  Apa tujuan dari Wawasan Nusantara ?
113.  Apa perbedaan Asas dan Hakikat Wawasan Nusantara ?
114.  Sebutkan contoh Kasus Wawasan Nusantara ?
115.  Didalam contoh Kasus Wawasan Nusantara terdapat tuntutan daerah, apa maksud dari tuntutan daerah tersebut jelaskan beserta contohnya ?


Jawaban :
11.    Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
22. Karena Geopolitik dimaknai sebagai penyelenggaraan Negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.
33.  1.) Teori Geopolitik Frederich Ratzel (1844-1904), berpendapat bahwa negara itu    seperti organisme yang hidup. Makin luas ruang hidup maka Negara akan semakin bertahan, kuat, dan maju.
2.) Teori Geopolitik Rudolf Kjellen (1864-1922), berpendapat bahwa Negara adalah satuan dan sistem politik yang menyeluruh, meliputi bidang geopolitik, ekonomi politik , demo politik, social politik, dan krato politik atau pemerintahan politik.
44. Bagi bangsa Indonesia, geopolitik merupakan pandangan baru dalam mempertimbangkan faktor-faktor geografis wilayah Negara untuk mencapai tujuan nasionalnya. Sedangkan untuk Indonesia, geopolitik adalah kebijakan dalam rangka mencapai tujuan nasional dengan memamfaatkan keuntungan letak geografis Negara berdasarkan pengetahuan ilmiah tentang kondisi geografis tersebut.
55.  1.) Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik
2.) Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi
3.) Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya
4.) Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan.
56. Ada 2 yaitu :
1.) Landasan adil / idiil Wawasan Nusantara adalah Pancasila. Karena Pancasila sebagai dasar negara juga termasuk mendasari keberadaan Wawasan Nusantara.
2.) Landasan konstitusional Wawasan Nusantara adalah Undang-Undang Dasar 1945, karena undang-undang dasar itulah yang merupakan konstitusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
57.  A.) Wadah (Countour) adalah wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.
 B.) Isi (Content) adalah aspirasi bangsa yang berkembang dimasyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.
 C.) Tata Laku (Conduct) merupakan hasil interaksi antara “wadah” dan “isi” yang terdiri dari tata laku bathiniah dan lahiriah.
78.  Tata laku bathiniah mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia, sedangkan Tata laku lahiriah tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.
99.  Ada 2 yaitu :
1.)    Arah Pandang ke dalam maksudnya bangsa Indonesia harus peka dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sediri faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa dan harus mengupayakan tetap terbina dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan.
2.)    Arah Pandang ke luar maksudnya bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupan internasional harus berusaha untuk mengamankan kepentingan nasional dalam semua aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai yang tertera pada pembukaan UUD 1945.
110. Kedudukan Wawasan Nusantara yaitu sebagai Wawasan Nasional bangsa Indonesia yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat dengan tujuan agar tidak terjadi penyasatan dan penyimpangan dalam rangka mencapai dan mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.
111.  Fungsi Wawasan Nusantara secara umum yaitu sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu  dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan.
112.  Tujuan Wawasan Nusantara yaitu menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.
113.  Kalau Asas Wawasan Nusantara adalah Ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara demi mewujudkan ketaatan dan kesetiaan kepada setiap komponen atau unsur pembentuk bangsa Indonesia (golongan/suku) terhadap kesepakatan (commitmen) bersama.
Sedangkan Hakikat Wawasan Nusantara yaitu Hakikat yang selalu utuh dengan menyeluruh dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional, tanpa menghilangkan kepentingan lainnya.
114.    a.) Krisis Multidimensional Indonesia
   b.) Permasalahan Pusat dan Daerah, terdiri dari : kekuasaan, keuangan dan  budaya
   c.) Tuntutan Daerah
115.  Tuntutan Daerah merupakan permasalahan pusat dan daerah yang dapat ditekan dan ditutup-tutupi dengan perilaku represif dari penguasa pada waktu itu, bahkan daerah resistensinya yang tinggi dilakukan operasi militer yang sampai melanggar HAM. Permasalahan semakin rumit, akibatnya meluap dan melahirkan konflik-konflik horizontal (seperti yang terjadi di Maluku) dan vertikal (seperti terjadi di Aceh, Riau dan Irian Jaya) secara bersama-sama. Sejarah hitam pergumulan pusat dan daerah itu, telah terjadi pada kasus Timor-Timur, propinsi ke-27 Republik Indonesia, yang harus berpisah karena kalahnya tawaran otonomi pemerintah pusat dalam jajak pendapat.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

i

Copyright © 2012. Dunia IPTEK - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog imam ns