Jumat, 19 Mei 2017

Materi 13

Interface Dan Layanan



Fungsi    setiap    layer    adalah    untuk    melayani keperluan   layer   yang   berada   diatasnya.   Entity adalah  elemen-elemen  aktif  dalam  sebuah  layer. Dapat berupa software entity (contoh : proses) atau hardware entity (contoh : intelligent I/O chip). Peer entity  adalah  entity yang  berada  pada  layer  yang sama namun pada mesin yang berbeda.

Entity pada  layer  n mengimplementasikan sebuah layanan yang dipakai oleh layer n+1. Dalam hal ini layer  n  disebut  service  provider  dan  layer  n+1 disebut service user. Layer n dapat menggunakan layanan layer n-1 agar dapat melaksanakan tugas- tugasnya.

Layanan-layanan  tersebut  dapat  dijumpai  dalam SAP (Service Access Point). SAP layer n adalah sebuah  tempat  dimana  layer  n+1  dapat  meng- access  layanan  yang  diberikannya.  Setiap  SAP mempunyai        alamat        yang    unik        untuk mengidentifikasi dirinya. SAP dalam sistem telepon adalah    socket    tempat    telepon    modular dihubungkan,    sedangkan    alamat    SAP   adalah nomor telpon dari soket yang bersangkutan. Sama halnya   dengan   sistem   surat   pos,   alamat   SAP adalah nama jalan dan nomor kotak pos. Agar dua layer dapat saling bertukar informasi, harus dibuat persetujuan  tentang  interface  yang  akan  dipakai. Pada  interface  tertentu,  entity  layer  n+1  melintasi sebuah IDU (Interface Data Unit) ke entity layer n melalui SAP.  IDU terdiri dari sebuah SDU (Service Data  Unit)  dan  beberapa  informasi  kontrol.  SDU merupakan    informasi    yang      dikirimkan     pada jaringan ke peer entity hingga sampai di layer n+1. Informasi kontrol digunakan untuk membantu layer yang  dibawah  melaksanakan  tugasnya  (misalnya, jumlah   byte   pada   SDU).   Akan   tetapi  informasi kontrol   bukan   merupakan   bagian   dari   data   itu sendiri.

Pelayanan
Kualitas  layanan  disebut  andal  jika  layanan  yang bersangkutan    tidak    pernah    kehilangan    data. Biasanya    dilengkapi        dengan    pemberitahuan (acknowledgment) si penerima bahwa pesan yang dikirim telah sampai (delivery).


1.  Layanan    connection-oriented    dan connectionless
Layer  memiliki  2  macam  layanan  bagi  layer diatasnya yaitu :

         1.  Layanan   connection-oriented   /   pelayanan
berorientasi
Layanan  dengan  pembentukan  sambungan terlebih  dahulu  kemudian  membubarkannya setelah    transmisi   data   selesai.   Dibuat berdasarkan    sistem    telepon.    Pengguna layanan membuat hubungan, menggunakan hubungan     dan    menghentikan     hubungan (contoh : angkat nomor telepon, putar nomor telepon, berbicara, letakkan telepon).

         2.  Layanan  connectionless  /  pelayanan  tidak
berorientasi
Layanan   tanpa   pembentukan   sambungan dan   tiap   data   yang   dikirim   mempunyai alamat        tujuannya.        Pengguna         layanan    : membuat   koneksi,   menggunakan   koneksi dan  menghentikan  koneksi.  Aspek  penting sebuah         koneksi         adalah         seperti         halnya sebuah  tabung,  pengirim  mendorong  obyek (bit-bit) pada sebuah ujung, dan si penerima mengambil bit-bit itu di ujung lainnya sesuai dengan     urutannya.       Dibuat    berdasarkan sistem   surat   pos.   Setiap   pesan   (surat) memiliki alamat yang dituju, mempunyai rute masing-masing        yang        berdiri        sendiri. Umumnya   dua   pesan   yang   mempunyai alamat  tujuan  yang sama, maka surat yang dikirim lebih dulu akan sampai di tujuan lebih dulu  juga.  Akan  tetapi  mungkin  saja  pesan yang    dikirim    lebih        dahulu        mengalami keterlambatan, sehingga pesan yang dikirim berikutnya yang akan sampai duluan. Hal ini tidak     mungkin            terjadi        pada    layanan connection oriented.
-    Layanan  unreliable  connectionless (tidak menggunakan   acknowlegment)   disebut juga  layanan  datagram,  seperti  layanan telegram    yang    tidak    memberikan
pemberitahuan ke si pengirim.
-    Layanan    acknowlegment    datagram, seperti   pengiriman   surat   tercatat   dan
permintaan   tanda   terima.   Pada   saat
tanda   terima   sudah   kembali,   pengirim akan merasa yakin bahwa suratnya telah dikirimkan ke alamat penerima dan tidak hilang dijalan.
-    Layanan  request-reply,  dimana  sebuah
datagram berisi permohonan, balasannya merupakan    jawaban.    Umumnya digunakan  untuk   mengimplementasikan model    client-server,    dimana    client mengajukan pertanyaan dan server akan menjawabnya



2.  Layanan primitive
Suatu  layanan  secara  resmi  ditentukan  oleh seperangkat  primitive  (operasi)  yang  tersedia bagi pengguna / entity lainnya untuk mengakses layanan   tersebut.   Primitive   meminta   layanan untuk membuat aksi / laporan tentang aksi yang dilakukan    oleh    sebuah    peer    entity,    yang menggolongkannya menjadi 4 kelas yaitu :

         1.  Connect.request  yang  meminta  dimulainya
suatu    hubungan    atau    menyebabkan dikirimkannya  sebuah  paket  /  suatu  entity meminta        layanan     untuk        mengerjakan sesuatu.   Parameternya   dapat   menspesifi- kasikan  kemana  mesin  tersambung,  jenis layanan  yang  diinginkan  dan  ukuran  pesan maksimum   yang   akan   digunakan   dalam hubungan yang bersangkutan.

         2.  Connect.indication    yang    memberitahu
bahwa   sebuah   entity   yang   ada   di   suatu tempat perlu diinformasikan mengenai suatu kejadian    /    ingin    membuat    hubungan dengannya.   Parameternya   berisi   identitas pemanggil,   jenis   layanan   yang   diinginkan dan ukuran pesan maksimum yang diajukan. 

  • 3.  Connect.response    yang    memberitahukan
bahwa    ia    menerima    atau    menolak pengajuan  permintaan  hubungan  tersebut. Suatu  entity  ingin  memberikan  tanggapan terhadap sutu kejadian. Parameternya berisi penerimaan dan penolakan, jika ditolak akan meminta usulan ulang. 
       4.  Connect.confirm  yang  mengkonfirmasikan  / menanggapi    apa    yang    terjadi    terhadap permintaan          sebelumnya         telah      kembali. Paramenternya   berisi   usulan   ulang   yang biasanya  berisi     permintaan          perubahan ukuran pesan maksimum.


Negoisasi   seperti   ini   merupakan   bagian   dari protokol.

- Layanan   confirmed   memiliki   sebuah   request,

indication,   response   dan   confirm   (contohnya connect).

- Layanan unconfirmed hanya memiliki request dan

indication   (contohnya   disconnect).   Tergantung apakah           pengiriman memerlukan acknowledgment atau tidak.



Contoh pada sistem telpon :

1.        connect.request                                :  si   A   memutar   tombol nomor telpon si B



2.        connect.indication                             :  telpon si B bordering



3.      connect.response                              :  si B mengangkat telpon



4.      connect.confirm                               :  si  A  mendengar  bunyi nada panggil berhe

d          5. Data.request    :  si  A  mengundang  si  B belajar bersama


d          6. Data.indication    :  si    B    mendengar undangan si A


7          7. data.request    :  si    B    berkata    ingin memenuhi undangan si A


8           8. data.indication    :  si    A    mendengar perkataan        menerima undangan tersebut


9         9. disconnect.request    :  si    A    memutuskan hubungan        telepon, meletakkan     gagang telepon


1         10. disconnect.indication   :  si  B  mendengar  anda telah    memutuskan hubungan,  maka  iapun menyimpan    gagang teleponnya juga.





Contoh dalam jaringannya, dimana melibatkan dua  buah  layer  yang  ada  pada  sebuah  komputer. Sebuah  request / response menyebabkan sebuah indication  /  confirm  di  pihak  lain  beberapa  saat kemudian.   Pengguna   layanan   (si   A   dan   si   B) berada  dalam  layer  n+1  dan  penyedia  layanan (sistem telepon) berada di layer n

 

Hubungan layanan dan protokol
Layanan       merupakan        sekumpulan        primitive (operasi)  yang disediakan  sebuah layer bagi layer yang           diatasnya,      menentukan   operasi     yang disiapkan untuk                dilakukan                        bagi       pengguna- penggunanya,      tetapi       layanan         ini                                 tidak memberitahukan                    cara                           operasi         tersebut diimplementasi-kan.   Layanan   dihubungkan   oleh sebuah interface yang ada diantara 2 layer.

Protokol     merupakan      sejumlah      aturan     yang mengatur  format  dan  arti  sebuah  frame,  paket  / pesan  yang  dipertukarkan  diantara  2  peer  entity dalam             sebuah   layer      agar      dapat mengimplementasikan definisi-definisi layanannya.

Contoh Model-model Referensi
1.    Model Referensi OSI
2.    Model Referensi TCP/IP
 





Contoh-contoh jaringan

1.  Novell NetWare

Dirancang  untuk  digunakan  oleh  perusahaan yang ingin menurunkan ukuran dari mainframe menjadi   jaringan   PC   (model   client-server). Setiap   pengguna   memiliki   deskop   PC   yang berfungsi sebagai client. Dan sejumlah PC yang lebih   besar   bertindak   sebagai   server   yang bertugas  menyediakan  layanan  file,  database, dll  ke  sejumlah  client.  Model  referensi  Novell Netware  memakai  stack  protokol  yang  dibuat berdasarkan pada sistem jaringan Xerox (Xerox

Network System  XNSä).



Physical  layer  dan  data  link  dapat  dipilih  dari bermacam-macam standar  industri,  seperti ethernet,   token  ring,  ARCnet.  Network   layer menjalankan            protokol       antarjaringan                   tanpa sambungan dan  tidak  dapat  diandalkan  yang disebut  IPX  (Internet  Packet  eXchange).  IPX menyampaikan  paket  dari sumber  ke  tujuan secara  transparan,  meski  sumber  dan  tujuan terdapat   pada   jaringan   yang   berlainan.   IPX memiliki  fungsi  yang  mirip  dengan  IP,  hanya saja  IPX  menggunakan  alamat  12-byte,  bukan 4-byte. Trasport layer yang connection oriented, yaitu                    NCP                  (Network             Core      Protocol) menyediakan layanan transport data pengguna, dll   dan       merupakan                      jantung  Netware. Sedangkan               SPX           (Sequenced                   Packet eXchange)       hanya      menyediakan        layanan transport saja. Pada NetWare tidak terdapat session layer dan presentation  layer.  Berbagai  protokol  aplikasi ditempatkan di application layer.


2.  ARPANET

ARPA  (Advanced  Research  Projects  Agency) merupakan   research   jaringan   dari   jaringan telepon   circuit-switched   yang   dianggap   tidak aman, karena jika 1 jalur / switch hilang, maka percakapan  yang  menggunakan  jaringan  akan hilang.



3.  USENET

USENET  (Use  Network)  adalah  jaringan  yang menawarkan suatu pelayanan network news.



4.  NSFNET / CSNET

NSF  (The  US  National  Science  Foundation) membuat  sebuah  jaringan  maya  yang  disebut CSNET (Computer Science Network).






Sumber :
http://jak-stik.ac.id/staff/aqwam/?en_6.-komunikasi-data,51



0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

i

Copyright © 2012. Dunia IPTEK - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog imam ns